Arsip untuk April 9, 2014

               

images

 

             Kenapa koneksi internet stabil tapi gak bisa browsing, OS windows 7, 8, Vista, XP padahal semua browser udah dicoba mulai chrome, firefox, Internet explorer (IE), safari, Opera dll tapi gak bisa browsing. Permasalahan ini baru saja saya alami, kalo gak salah setelah upgrade kecepatan speedy tiba-tiba saja komputer laptopsaya gak bisa browsing padahal laptop yang lain aman-aman saja. segala cara segera saya coba mulai dari test ping hasilnya oke, reset modem speedy tunggu 10 detik namun tetap saja saya gak bisa menggunakan browser saya (chrome, dan telah dicoba semua browser yang ada dilaptop yaitu firefox, opera, IE) tetap saja hasilnya nol besar.

           koneksi internet bagus tapi tidak bisa browsing bisa saja disebabkan oleh virus, jadi solusi pertama, cobalah scan komputer atau laptop anda dengan antivirus dengan update terbaru. Kalau solusi pertama tersebut tidak bisa menyelesaikan masalah, bisa dipastikan Winsock windows komputer atau laptop anda yang corupt, WINSOCK atau Windows socket API adalah sebuah mekanisme yang menyediakan sarana komunikasi antar komputer dalam jaringan.

          Akhirnya saya coba browsing dan tanya sana sini sama mbah google menggunakan laptop yang satunya lagi, dan ketemu berbagai saran di blog dan web yang direkomendasikan mbah google melalui keyword yang saya ketik. semuanya saya coba namun tetap saja gak berhasil, akhirnya setelah cari lagi saya ketemukan solusinya di kaskus melalui mesin pencarian google dengan judul posting yang berupa pertanyaan [help] internet nyambung tapi tidak bisa browsing,

         “gan, laptop gw kok tidak bisa dipake browsing ya? kalo buka web statusnya “waiting” terus. padahal koneksinya nyambung (gw pake wifi dirumah). tes koneksi lewat ping juga lancar. kalau laptop direstart sempat normal, tapi gak lama kumat lagi.oiya, gadget lain dirumah yang pake wifi ga ada masalah, cuma laptop satu ini aja. jadi bukan masalah koneksi jaringan. mohon bantuannya agan2..”

         Dari berbagai jawaban member kaskus akhirnya saya mendapatkan solusi melalui akun irwanneutron yang memberikan solusi begini (solusinya singkat amat, biar saya perjelas agar masbro gak pusing lagi) :

1. Klik Start di pojok kiri bawah monitor >>> kemudian pada RUN atau kalau tidak ketemu cari Command Prompt (biasanya berada di accessories) >>> kemudian klik kanan danpilih Run as administrator setelah itu ketik >>> netsh int ip reset resetlog.txt >>> dan tekan ENTER. 

2. Setelah itu ketik >>> netsh winsock reset >>> dan tekan ENTER

3. Restart komputer atau laptop anda

4. Insyaallah berhasil dan browser kesayangan bisa digunakan lagi sebagaimana mestinya

Kalo cara di atas masih belum fix, masbro dapat mencoba cara Koneksi Stabil Tidak Bisa Browsing, Cek Firewall Antivirus

           Begitulah pengalaman saya mencoba menemukan solusi atas permasalahan browser gak bisa browsing, kebetulan saya menggunakan windows 7. semoga pengalaman saya dapat juga bermanfaat bagi masbro…